Ketahui Mode AC yang Tepat Saat Macet


Sebagai penduduk Jakarta yang memiliki segudang aktivitas, pasti tak terhindarkan dari kemacetan di ibukota. Kita lebih lama berada di tengah lalu lintas dibandingkan di dalam ruangan yang nyaman. Oleh karena itu, tak sedikit dari penduduk Jakarta yang lebih memilih menggunakan mobil pribadi ketimbang transportasi umum.


Tak perlu berjemur di bawah terik matahari, mobil pribadi tentunya lebih nyaman dengan AC yang super sejuk. Tentunya kita juga harus tahu bahwa dengan menyalakan AC terlalu lama dapat meningkatkan kadar CO2 di dalam kabin yang berbahaya untuk kesehatan penumpang.


Patut diwaspadai bahwa penggunaan AC juga harus memperhatikan kualitas udara di dalam kabin kendaraan, terlebih itu ketika kita tengah terjebak macet. Menurut Kepala Teknik Plaza Toyota Tendean, Adit, sebenarnya kendaraan yang dilengkapi pendingin udara telah memiliki sistem sirkulasi udara, yaitu mode refresh dan mode recycle.


Saat kita terjebak macet, sebaiknya pengaturan AC diposisikan ke mode recycle yang mempertahankan uda di dalam kabin sehingga udara kotor dari luar tidak masuk dan mengotori interior mobil. Sedangkan mode refresh baik digunakan saat di daerah sejuk dengan udara bersih.


Lebih lanjut, Adit menambahkan tidak ada ketentuan khusus bila AC mobil kita masih menganut sistem manual untuk mengoperasikannya. Semua tergantung dari pengemudi, setidaknya buka jendela tiap 1 jam sekitar 5 menit agar CO2 dapat keluar dari kabin.



#infootomotif #ragamotomotif #tipsotomotif #infoautospa

12 views