Bahaya Air Hujan Pada Mobil Kesayangan


Kondisi musim hujan dengan intensitas tinggi yang sedang terjadi belakangan ini, sering membuat banyak pemilik mobil enggan mencuci karena terlihat cukup bersih setelah terguyur hujan deras.


Membiarkan mobil yang habis terguyur air hujan dalam waktu yang sering dan lama justru akan menimbulkan kerusakan pada cat mobil. Meski tidak secara langsung namun intensitas sering saat mobil tersirang air hujan dan panas sinar matahari keesokan harinya bisa merusak cat pada bodi mobil.


Cara membersihkan air hujan pada body dan kaca mobil sebenarnya sangat mudah. Anda hanya perlu untuk langsung membasuh mobil yang terkena hujan dengan air rumah. Selanjutnya langsung di lap hingga kering.


Jika tidak terlalu malas, tentu lebih dianjurkan untuk langsung mencuci mobil dengan shampo khusus mobil agar mobil menjadi benar-benar bersih dan terhindar dari bahaya yang disebabkan air hujan. Namun jika tidak, maka dibasuh atau disiram dengan air rumah sudah cukup.


Untuk tahap proses pengeringan body dan kaca mobil setelah selesai dibasuh, sangat dianjurkan untuk menggunakan beberapa lap yang berbeda. Penggunaan lap tersebut harus dipisah antara lap body mobil bagian bawah, lap body mobil bagian atas dan lap untuk mengeringkan kaca mobil.


Cara pengelapan juga harus diperhatikan. Lap yang sudah digunakan untuk bodi mobil jangan lagi Autospaers gunakan untuk mengelap bagian mobil lain yang terkena hujan. Seperti bagian kaca.

Sebab, jika menggunakan lap yang sama risiko bodi atau kaca mobil tergores dengan partikel-partikel kecil yang terbawa saat mengelap bagian yang lain menjadi lebih besar. Hal inilah mengapa bila mobil dilap dengan keadaan basah sering kali meninggalkan goresan tipis.